Cara Backup & Restore Data di Xiaomi Tanpa Root

Mungkin selama ini kita mengandalkan TWRP/Titanium backup dalam backup/mencadangkan apps dan data2 kita. Di MIUI ini, terdapat fitur backup dan restore yang sangat bisa diandalkan karena seluruh apps bisa terbackup beserta data2nya, ketika kita restore akan sperti sedia kala tidak ada yang berkurang, misalkan BBM, seringkali kita mengalami kesulitan dalam membackupnya kecuali kita pasang TB (Titanium Backup) atau aplikasi lain yang butuh Root, itupun kadang pin kita berubah.
Nah dengan fitur bawaan MIUI ini, kita bisa backup apk BBM tersebut dengan aman dan pin akan kembali seperti semula ketika di restore.


Berikut cara backup: 
1. Masuk ke Setting -> Additional Setting -> Backup and reset -> Local Backup -> Backup
2. Di dalam menu backup terdapat 3 item, System, Apps, Accounts. silahkan pilih semuanya atau dipilih2 sesuai kebutuhan saja.
3. Setelah selesai milih, klik backup
4. Tunggu backup sampai selesai.

Catatan : Jika di HH anda sudah terdapat sd card, maka biasanya otomatis tersimpan di sd card, folder "MIUI - Backup". namun jika tidak, akan masuk ke Internal.

Setelah itu silahkan amankan backup tersebut ke otg/PC agar lebih terjaga dan aman.

Ketika anda sudah selesai ganti ROM/Update, anda bisa melanjutkan dengan restore apps dan data2nya.

Cara Restore:
1. Masuk ke Setting -> Additional Setting -> Backup and reset -> Lokal Backup
2. Pilih file yang ingin di restore (jika lebih dari 1 backupan)
3. kemudian klik restore

Catatan: jika anda memakai ROM China, jangan di restore dulu aplikasi yang berbau google (jangan diceklis) karena akan terjadi Force Close nantinya, setelah selesai silahkan install aplikasi berbau google tadi memakai Google Installer/GApps.

2 Komentar